Serunya Rafting Sungai Elo bersama Naraharya Trans Wisata

Promo Oktober Seru Naraharya
3 Oktober 2018
Promo November Naraharya Trans Wisata
16 November 2018

Serunya Rafting Sungai Elo bersama Naraharya Trans Wisata

Rafting Sungai Elo ~ Liburan sekali-kali tida hanya berkunjung namun juga berpetualang seperti rafting atau arung jeram. Bagi pecinta arung jerman sudah pasti musim kemarau bukanlah musim yang menyenangkan apalagi untuk bisa menyusur sungai di sungai Elo. Di Magelang, selain terdapat sungai Progo, adalah Sungai Elo yang melintasi kabupaten utara Jogja ini.

Rute awalnya diambil melalui jembatan Blondo yang juga menjadi starting point dari seluruh Operator Arung Jeram yang memandu di sungai Elo. Adapun instruksi sebelum naik perahu, peserta akan diberikan arahan singkat mengenai tata cara mengenakan perlengkapan seperti helm, rompi, pelampung, juga dayung serta cara menggunakan dayung.

Meski jalur kali Elo ini terbilang aman, namun pemandu juga memberikan arahan singkat mengenai penanganan pada kecelakaan. Peserta juga wajib melapor kepada operator apabila terkena penyakit khusus, asma, jantung dan lainnya.

Peserta juga tidak diizinkan untuk membawa peralatan lain selain obat atau barang penting setelah mendapatkan izin dari pemandu. Kemudian untuk barang-barnagnya pihak operator juga telah menyediakan sebuah tas anti air atau drybag.

Rute perjalanannya ditempuh sejauh 10km yang akan memankan waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan yang mana akan berakhir di daerah Sawitan. Satu buah perahu bisa diisi hingga 4 orang dewasa dan juga satu pemandu yang mana jika terdapat anak-anak maka akan disesuaiakan dengan keseimbangan perahu.

selama perjalanan tidak ada lagi kesempatan untuk merasa bosan. Pasalnya disekiling dan sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan yang indah, juga peserta akan dihibur oleh pemandu yang ramah. Kerap juga pemandu bercanda dengan mengarahkan perahu yang sedemikian rupanya untuk membuat keceriaan dan memecah keheningan.

Warna air di sungai Elo yang kehijauan membuat banyaknya ekosistem air tidak bbegitu terlihat. Yang paling mencolok adalah laba-laba yang berada di tepian air sungai juga beberapa reptile seperti biawak yang berada di bebatuan, yang turut menyambut langkah wisatawan dalam arung jeram.

Adapun lokasi tertentu yang cukup aman untuk bermain air yang mana biasanya ditandai dengan perahu terbalik atau semacam ‘games’ yang dilakukan oleh pemandu. Wisatawan yang panic cenderung akan meminta tolong sambil berteriak sampai pada akhirnya mereka sadar bahwa air yang mereka tapaki dangka. Serunya lagi apabila pengunjung atau peserta menggunakan dua perahu yang mana biasanya akan diadakan lomba antar tim dan beberapa games lainnya.

Yang memiliki hobi selfie atau berfoto ria, pihak Progo Rafting juga menyediakan tim fotografer khusus yang akan membidik aksi para peserta. Selain itu pemandu juga akan memberikan arahan atau aba-aba kapan saatnya berpose dan jeram yang paling bagus unntuk berfoto. Oleh karena itu peserta hanya dipersilahkan untuk bergaya dan tersenyum sebahagia mungkin.

Meski tidak sebesar Jeram Progo namun di sungai Elo ini ada sekitar 5 jeram yang seru untuk pemula yang mana bisa dikatakan sebagai ‘warming up’ alias pengenalan untuk peserta yang belum pernah melakukan arung jeram.

Di lokasi ini pengunjung juga bisa mempelajari segala rintangan yang dihadapi di saat berada di sungai. Mungkin juga karena masih tergolong aman karena peserta masih mendapatkan arahan dari pemandu.

Di tengah perjalanan, pengunjung juga bisa menikmati es kelapa muda yang segar dan juga makanan ringan di tepi sungai. Dan selain itu pengunjung juga bisa berofoto ria. Di sesi istirahat inilah pengunjung dapat bercengkerama dengan sesame peserta juga kepada pemandu.

Usai melewati jeram, peserta akan sampai pada alur sungai yang menyempit. Peserta dianjurkan untuk turun dari perahu dan mengikuti arus sungai dengan mengandalkan gaya apung. Meski cukup panjang namun juga mengasyikan karena seolah bisa mengikuti aliran di waterboom alami.

Akhir dari tripnya ini peserta sudah tidak dapat hanyut karena sungai yang dangkal. Dan pemandu akan menepikan perahu sebagai akhir dari perjalanan wisata yang menyenangkan.

Progo Rafting merupakan operator tertua arung jerman yang ada di Magelang yang mana mengingat Magelang ada wilayah yang dilalui oleh dua sungai besar yakni sungai Progo dan Sungai Elo.

Alamat Progo Rafting ini ada di Jl. Cempaka No.9, Magelang, Jawa Tengah. Anda tertarik untuk bermain arung jeram di sungai Elo?

Naraharya
Naraharya
Naraharya Trans Wisata menyediakan beranekaragam Paket Wisata Jogja dan Sewa Mobil di Jogja dengan unit kendaraan yang Baru dan terawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hubungi Kami